twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Kamis, 11 Juli 2013

JENIS-JENIS KARYA TULIS ILMIAH




Eksistensi seorang pelajar atau mahasiswa dibuktikan dari hasil karyanya yang berupa ide atau gagasan maupun praktek berkaitan dengan itu kali ini kita akan membahasas mengenai karya tulis ilmiah , karya tulis ilmiah itu sendri terbagi atas empat yang akan saya jabarkan secara singkat  di bawah ini :

sumber : kompassiana.com

Pertama , Makalah

Anda tentu pernah membuat makalah yang sering ditugaskan oleh guru/dosen di sekolah dan dikampus , menurut kampus besar bahasa indonesia makalah merupakan tulisan resmi tentang suatu pokok yg dimaksudkan untuk dibacakan di muka umum dalam  suatu persidangan dan yg sering disusun untuk diterbitkan.
Kedua , Laporan praktikum
Laporan praktikum biasanya berbentuk laporan tertulis mengenai serangkaian kegiatan praktikum yang dilakukan  oleh seseorang atau sekelompok siswa , Dalam menuliskan laporan unsur kronologis menjadi sangat penting karena praktik kerja baik di lapangan maupun di laboratorium terdiri dari tahapan-tahapan yang sistematis yang harus dilaporkan secara sistematis juga. Dengan demikian penulisan laporan praktikum dituntut untuk menyampaikan sebuah kegiatan secara sistematis, runtut dan terperinci.

Ketiga , Artikel
Artikel adalah gagasan tertulis dari penulis tentang suatu permasalahan yang didasarkan pada kajian pustaka atau hasil penelitian. Artikel merupakan diseminasi pemikiran dari ahli atau seseorang yang secara intens mengamati permasalahan tertentu (pengamat). Artikel hampir mirip dengan makalah, yang membedakan adalah ruang publikasinya. Apabila makalah disampaikan dalam forum seminar atau workshop, artikel dipublikasikan di media massa baik jurnal ilmiah atau media massa (koran atau majalah, yang biasa disebut artikel ilmiah populer). Artikel dapat ditulis dalam berbagai bentuk yaitu opini, essay atau feature. Opini merupakan gagasan pribadi penulis, sedangkan essay merupakan karangan prosa yang membahas suatu masalah secara sepintas lalu dari sudut pandang penulisnya (Kamus Besar Bagasa Indonesia, 2005: 308). Sedangkan feature merupakan bentuk penulisan artikel yang berupa berita.

Keempat , Tugas akhir
Tugas akhir baik skripsi (tingkat S1), thesis (S2) atau disertasi (S3) merupakan karya ilmiah yang ditujukan untuk mengakhiri studi di perguruan tinggi. Tugas akhir biasanya berupa hasil penelitian dari bidang tertentu (sesuai jurusan atau program studi yang diambil) yang kemudian diujikan secara lisan untuk memperoleh derajat kelulusan dan kelayakan karya tersebut.
Mudah-mudahan penjabaran di atas dapat dimengerti dengan baik dan manivestasi dari itu dapat di buktikan dengan karya tulis ilmiah yang anda buat sendiri dalam waktu dekan ini , bukan begitu ?

Sumber : http://syafrizalsetiabudi.blogspot.com
Editor : kivli

1 komentar:

cie, yang mau ngomentarin , silahkan ^_^