twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Kamis, 10 Juli 2014

Rekomendasi menu buka puasa yang enak dan sehat

Menjelang Maghrib, masyarakat yang berpuasa kian disibukkan dengan persiapan berbuka puasa. Berbagai kegiatan dilakukan khususnya dalam mempersiapkan menu makanan untuk berbuka, baik yang dimasak sendiri atau dibeli dari penjual makanan yang ramai ketika Ramadan tiba. Apa menu berbuka puasa favorit OpenRicers? Umumnya menu yang disiapkan rasanya manis dan beragam. Apa saja menu yang biasanya digemari? Yuk, simak ulasannya berikut.

1.Kurma

Buah yang banyak tumbuh di negeri Arab tersebut paling banyak digemari masyarakat. tak lain dikarenakan Rasulullah menyunahkan makan kurma saat berbuka. Alasannya, kurma kaya manfaat bagi kesehatan, di mana kandungan gulanya sangat tinggi, malah lebih tinggi dari pisang, sehingga mampu memberikan energi tambahan yang mudah diserap oleh tubuh. Apalagi, ditemani secangkir teh hangat.


2.Kolak Biji Salak

Namanya memang kolak biji salak, tetapi penganan yang satu ini bukan terbuat dari biji salak sungguhan, akan tetapi bentuk dan warnanya diolah mirip dengan biji salak. Biasanya adonan biji salak terbuat dari tepung yang dipadukan ubi jalar dan disajikan dengan santan. Menu ini dapat disajikan dalam keadaan dingin maupun panas.


3.Kolak Pisang

Salah satu santapan khas Indonesia ini berisikan pisang maupun ubi jalar dan dapat dinikmati selagi hangat ataupun dingin. Siapa yang tidak tergoda untuk menyantap legitnya kolak pisang dengan aroma pandan setelah seharian berpuasa? Gula merah atau gula aren pun menambah cita rasa manis dalam kolak tersebut, sehingga dapat memulihkan tenaga yang hilang akibat berpuasa. Menu ini sering kali dijadikan takjil berbuka puasa, baik di rumah, dijual, atau diberikan secara gratis di rumah makan.

4.Jejongkong

Menu takjil ini asli Indonesia khas Lampung. Inilah salah satu varian pengembangan dari menu kolak. Bedanya, jejongkong berisi adonan tepung beras, tepung ketan dan tepung kanji yang diberi warna dan perasa dari daun pandan. Nama jejongkong ini sendiri diambil dari daun pandan, yakni jongkong. Beberapa orang kerap salah mengira jejongkong sebagai cincau padahal keduanya berbeda. Cincau berwarna agak bening, sedangkan jejongkong memiliki warna hijau muda.

5. Es Palu Butung

Kuliner Makassar yang satu ini cukup populer di masyarakat. Tak hanya di Makassar, menu ini juga dijumpai di kota-kota besar seperti Jakarta dan Bogor. Es palu butung terdiri atas pisang dan bubur putih yang ditambahkan sirup merah dan susu, sehingga es ini akan cukup mengisi perut yang kosong seharian dan mampu melepas dahaga.

6.Bubur Kampiun

Campuran kolak pisang, bubur candil, bubur sumsum dan ketan hitam menjadi sajian istimewa khas Minang. Wajar saja bubur ini dinamakan “kampiun” yang berarti pemenang sebab memang isinya sedemikian istimewanya. Biasanya bubur kampiun disantap sebagai sarapan, tetapi pada bulan Ramadan dijadikan sebagai hidangan berbuka puasa. Rasanya manis dan legit.

7.Lemang
Inilah menu favorit masyarakat Melayu, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Riau, Jambi, Bengkulu, serta negara jiran Malaysia saat berbuka puasa. Umumnya, lemang disajikan bersama tapai ketan agar ada rasa manis ketika menyantapnya. Ada dua cara menikmati lemang tapai ini, bisa dengan dicocol atau juga diaduk menjadi satu seperti makan kolak.

8.Kue Basah

Sebut saja putu mayang, kue bikang, wajik, kue lumpur, getuk lindri, kue bugis, kue talam, dadar gulung, lupis, serabi, ongol-ongol dan masih banyak lagi dengan rasa manis dan legit ini diminati sebagian masyarakat sebagai menu berbuka puasa. Banyak kue basah tradisional laris manis diserbu karena enak dan mudah dinikmati. Selain rasa manis, terkadang bentuknya juga unik dan juga dinikmati oleh anak-anak.

9.Bubur Pedas Medan

Makanan ini sangat khas dengan bulan Ramadan yang banyak ditemukan di ranah Melayu dan favorit warga Medan. Bubur ini dimasak dengan tungku kayu bakar dan menggunakan puluhan bumbu rempah yang menghasilkan cita rasa pedas menggigit yang unik. Tak hanya itu, bubur pedas juga identik dengan Masjid Raya Medan sebab pengurus masjid ini membagikan bubur pedas untuk jemaah dan musafir yang ingin berbuka puasa di masjid tersebut.

10.Es Cincau

Minuman yang terbuat dari daun cincau tersebut yang berbentuk gel atau agar-agar tersebut rasanya manis dan segar, sehingga dapat membantu melepaskan dahaga. Tak hanya itu cincau dapay mengikat lemak dan asam lambung di dalam perut setelah seharian berpuasa.

Sumber:
OpenRice.com

0 komentar:

Posting Komentar

cie, yang mau ngomentarin , silahkan ^_^