twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Minggu, 14 Agustus 2011

Jurusan kurikulum dan teknologi pendidikan

Jurusan Kurikulum & Teknologi Pendidikan PDF Print E-mail
A. AKREDITASI
Hasil akreditasi yang dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) atas prodi Teknologi Pendidikan tahun 2004 memperoleh nilai 387 atau dengan peringkat A. Keputusan ini dinyatakan dalam Surat Keputusan nomor SK 045/BAN-PT/Ak-VIII/S1/X/2004 yang ditetapkan pada tanggal 26 Oktober 2005.
B. GELAR LULUSAN
Mahasiswa yang telah lulus dari Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan akan memperoleh gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd).
C. TUJUAN
Program studi Teknologi Pendidikan sebagai sub sistem Fakultas Ilmu Pendidikan dan berada di lingkungan DKI Jakarta bertujuan:
  1. Memiliki kemampuan merancang, melaksanakan, dan mengolah serta melaporkan hasil penelitian di bidang belajar dan pembelajaran, baik yang bersifat konvensional, inovatif, dan berbasis sumber berteknologi.
  2. Memiliki kemampuan untuk mensosialisasikan hasil penelitian melalui media komunikasi ilmiah.
  3. Memiliki kemampuan memecahkan masalah belajar dan pembelajaran mulai dari yang bersifat konvensional, inovatif dan berbasis sumber berteknologi
  4. Memiliki kemampuan menyebarluaskan/mensosialisasikan hasil/temuan dan modifikasi solusi belajar dan pembelajaran yang bersifat konvensional sampai dengan berbasis sumber berteknologi
  5. Menghasilkan lulusan yang kreatif entrepreneurships, mandiri, terbuka terhadap perubahan dan perbedaan melaui interaksi dalam perkuliahan.
  6. Menghasilkan lulusan yang kreatif entrepreneurships, mandiri, terbuka terhadap perubahan dan perbedaan melalui tugas terstruktur
  7. Meningkatkan potensi mahasiswa melalui keterlibatan mereka dalam berbagai penelitian dosen dan program perkuliahan
  8. Meningkatkan potensi diri mahasiswa melalui berbagai program pengabdian masyarakat yang dilaksanakan dosen mahasiswa
  9. Meningkatkan potensi mahasiswa melalui keterlibatan dosen dalam kegiatan organisasi kemahasiswaan
  10. Meningkatkan potensi mahasiswa dalam berbagai acara yang diselenggarakan civitas akademik dan intsitusi
  11. Menghasilkan lulusan yang menjunjung tinggi etika keprofesian melalui bimbingan dosen dalam penulisan skripsi dan karya tulis lain
  12. Menghasilkan lulusan yang menjunjung tinggi etika keprofesian melalui bimbingan dosen dalam penyelenggaraan seminar dan penulisan karya ilmiah
  13. Menghasilkan lulusan yang menjunjung tinggi etika keprofesian melalui bimbingan dosen dalam berinteraksi akademik
  14. Menghasilkan lulusan yang menjunjung tinggi etika keprofesian melalui bimbingan dosen untuk menghargai HAKI

D. KOMPETENSI LULUSAN
1. Kompetensi Utama Lulusan
a.  Lulusan yang beriman dan bertakwa kepada TUhan YME, mandiri, demokratis, terbuka, kreatif dan professional dalam bidang Teknologi Pendidikan (sebagai soft-skills) untuk bisa mandiri, bersikap demokratis, terbuka, kreatif, dan professional.
b.  Mampu menerapkan keahlian dan memberikan layanan belajar kepada warga masyarakat dengan memanfaatkan dan mengembangkan berbagai proses dan aneka sumber belajar agar kinerjanya meningkat dengan rincian berikut ini.
1) mengelola kegiatan belajar pada berbagai satuan pendidikan.
2) memanfaatkan dan menyebarluaskan aneka proses dan sumber daya belajar yang inovatif.
3) mengembangkan dan mengelola media pembelajaran dan sumber daya belajar.
4) mengelola peningkatan kinerja Sumber Daya Manusia pada organisasi belajar.
2. Kompetensi Pendukung Lulusan
Kompetensi Pendukung lulusan S1 adalah kompetensi kekhususan lulusan prodi TP di FIP UNJ yang berbeda dengan kompetensi lulusan S1 prodi TP dari universitas lain, dan menjadi daya saing sekaligus daya jual lulusan. Kompetensi pendukung yang dimaksud tersebut adalah kompetensi yang dirumuskan dalam butir 5.1.b3 dan b4.
3. Kompetensi Lainnya/Pilihan Lulusan
Kompetensi Lainnya adalah kompetensi yang tersirat, sebagai dampak dari empat profil dan kompetensi utama yang seluruhnya dikuasai oleh lulusan. Jadi, kompetensi ini melekat pada profil lulusan. Kompetensi lainnya yang dimaksudkan dalam prodi TP ini adalah :
  • Mengembangkan kurikulum suatu lembaga pendidikan formal dan nonformal
  • Menganalisis kebutuhan peserta didik
  • Mengembangkan kemampuan untuk pemanfaatan TIK untuk belajar pada satuan pendidikan.
E. KURIKULUM
Perkuliahan diselenggarakan dengan dua cara yaitu tatapmuka (classroom-based) serta belajar berbasis jaringan (BBJ). Keduanya diformat dalam suatu model hybrid learning melalui homepagen www.web-bali.net dan www.education-indonesia.net. atau belajar hibrida. Proporsi perkuliahan dan penyajian materi adalah maksimum 50 : 50.


Deskripsi Mata Kuliah
Program Unggulan
Selain kerjasama dengan beberapa institusi di atas, Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan memiliki beberapa program unggulan, yaitu:
  1. Penambahan matakuliah baru yaitu matakuliah Desinging E-learning 1 dan matakuliah Desinging E-learning 2. Matakuliah Desinging E-learning 1 bertujuan agar setiap mahasiswa dapat menyusun satu perangkat isi/materi ajar berikut asessmen belajar secara online dengan menerapkan prinsip kerja LCMS, alur penyajian (linear atau hypercontent), serta pendekatan disain pesan, sedangkan matakuliah Desinging E-learning 2 merupakan Matakuliah yang membahas prinsip strategi pembelajaran (nyata) yang akan diterapkan dalam duniam maya. Metode diskusi, belajar berbasis masalah, belajar kooperatif merupakan metode-metode yang akan diterapkan dan dikembangkan dalam perkuliahan.
  2. Pelatihan Content Design, merupakan sebuah pelatihan yang dikembangkan dengan tujuan peningkatan kemampuan dalam hal pengembangan materi ajar online yang berdasarkan kaidah-kaidah desain pembelajaran dan prinsip desain pesan yang baik.
  3. Program pendampingan Pengembangan Materi E-learning dengan PT. BRI (Persero) Tbk.
F. KRITERIA KELULUSAN
1. Beban Kulian (SKS) per Semester
Mahasiswa dapat lulus dari Program Studi Teknologi Pendidikan jika telah menempuh dalam rentang 132-144 SKS, dengan minimal IPK 3.2. Beban SKS setiap semester adalah mahasiswa dengan IP 3.3+ diperkenankan mengambil matakuliah sebanyak 24 SKS jika IP semester kurang 2.8 – 3.1 mahasiswa dianjurkan untuk mengambil matakuliah maksimum 20 SKS.
2. Konsentrasi
Untuk mendukung pencapaian profil lulusan S1 prodi TP FIP UNJ, maka prodi TP S1 ini dibagi dalam empat (4) konsentrasi, yaitu :
  • Agen pembelajaran, yaitu pembinaan kompetensi yang mengacu kepada kebutuhan sekolah, atau school-oriented, sebagai guru dalam mata pelajaran TIK yang diarahkan pada peningkatan kemampuan belajar peserta didik dengan memanfaatkan teknologi.
  • Pengembang Proses Pembelajaran, yaitu pembinaan kompetensi yang mengacu kepada kemampuan dalam strategi pengemasan bahan pelajaran, penyampaian pelajaran, dan pengelolaan kegiatan pembelajaran (learneroriented)
  • Pengembang Sumber Belajar yaitu pembinaan kompetensi yang mengacu kepada kemampuan untuk mengembangkan media pembelajaran dan sumberdaya belajar (resource oriented)
  • Pengelola Teknologi Kinerja yaitu pembinaan kompetensi yang mengacu kepada peningkatan mutu kinerja SDM melalui berbagai upaya belajar dan pembelajaran/pelatihan sesuai kebutuhan organisasi belajar (organization-oriented).
I. METODE PENILAIAN
Cara – cara memberi penilaian hasil kerja atau unjuk kerja mahasiswa dilakukan sepenuhnya oleh dosen dengan menggunakan patokan nilai sebagaimana yang tertera dalam buku pedoman akademik. Kemajuan belajar mahasiswa diukur berdasarkan parameter keterlibatan dalam proses pembelajaran, partisipasi selama dalam proses pembelajaran, perolehan nilai hasil belajar, dan kemampuan mengerjakan tugas-tugas baik tugas terstruktur maupun tak terstruktur.
Adapun metode penilaian mengikuti ketentuan yang telah ditetapkan oleh universitas.
J. INDIKATOR KUALITAS DAN STANDAR
1. Prosedur Penyusunan Kurikulum
  • Benchmark: mengacu kepada dua universitas di AS, yaitu prodi Instructional Systems (Florida State University) dan prodi Instructional Systems Technology (Indiana University)
  • Lokakarya Dosen Jurusan KTP FIP UNJ, tanggal 19 – 20 Mei 2010
  • Diskusi Ilmiah, tanggal 20 Mei 2010 dengan J.Michael Spector, Ph.D (President of AECT, Organisasi Internasional untuk profesi teknologi pendidikan) tentang perspektif keprofesian TP dan kurikulum prodi TP model “A Competence Approach” dari IEEE/IFETS.
  • Hasil benchmark dan diskusi ilmiah, yaitu adanya kesamaan matakuliah yang ditawarkan di Prodi TP dengan matakuliah yang berlaku secara internasional seperti Landasan Teknologi Pendidikan, Disain dan Pengembangan Pembelajaran,Teori Belajar (dan Pembelajaran), serta beberapa matakuliah terkait dengan pemanfaatan dan produksi media pembelajaran.
2. Kerjasama
Kerjasama dan kemitraan selama ini telah dilakukan dengan lembaga-lembaga yang telah memanfaatkan keahlian dalam bidang teknologi pendidikan, baik negeri maupun swasta.
Beberapa institusi yang pernah menjalin kerjasama dengan program studi TP FIP UNJ:
  1. Pusat Sumber Belajar UNJ
  2. Kepolisian Republik Indonesia
  3. SMP Islam Al-Azhar 10 Kembangan Jakarta Barat
  4. Badiklat Dephan
  5. Badan Standar Nasional Pendidikan
  6. SEAMOLEC
  7. Staf Ahli Mendiknas Bidang Mutu Departemen Pendidikan Nasional RI
  8. Departemen Luar Negeri RI
  9. Indosat
  10. Pusat Kurikulum, Balitbang, Kemendiknas
3. Program Unggulan
Selain kerjasama dengan beberapa institusi di atas, Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan memiliki beberapa program unggulan, yaitu:
  • Penambahan matakuliah baru yaitu matakuliah Disain Belajar berbasis Jaringan (BBJ) dan matakuliah Strategi Pembelajaran Online. Matakuliah bertujuan agar setiap mahasiswa dapat menyusun satu perangkat isi/materi ajar berikut asessmen belajar secara online dengan menerapkan prinsip kerja LCMS, alur penyajian (linear atau hypercontent), serta pendekatan disain pesan, sedangkan matakuliah Strategi Pembelajaran Online (prasyarat : Disain BBJ) merupakan Matakuliah yang membahas prinsip strategi pembelajaran (nyata) yang akan diterapkan dalam dunia maya. Metode diskusi, belajar berbasis masalah, belajar kooperatif merupakan metode-metode yang akan diterapkan dan dikembangkan dalam perkuliahan.
  • Pelatihan Content Design, merupakan sebuah pelatihan yang dikembangkan dengan tujuan peningkatan kemampuan dalam hal pengembangan materi ajar online yang berdasarkan kaidahkaidah desain pembelajaran dan prinsip desain pesan yang baik.
  • Program pendampingan Pengembangan Materi berbasis jaringan yang dipersiapkan bagi organisasi dan instruktur atau pengajar secara perorangan.
  • Melalui penawaran matakuliahnya, Prodi S1 TP secara tidak langsung membekali lulusannya dengan Kompetensi Lain yang dibutuhkan oleh lembaga pendidikan formal seperti sekolah yaitu kemampuan menyusun kurikulum. Matakuliah yang dimaksud adalah :
 

0 komentar:

Posting Komentar

cie, yang mau ngomentarin , silahkan ^_^